Taman Nasional Lawn Hill (Lawn Hill Gorge) di Queensland
Frugal Frolicker

Taman Nasional Lawn Hill (Lawn Hill Gorge) di Queensland

Jika Anda sedang mencari permata tersembunyi di Australia, maka saya punya tip untuk Anda!

Taman Nasional Lawn Hill, terletak di Pedalaman Queensland, dekat sekali tidak ada menarik, adalah tempat terbaik yang mungkin belum pernah Anda dengar di Australia.

Itu jauh, jauh dari jalan yang dilalui (meskipun jalan di sana SANGAT rusak), dan itu adalah salah satu irisan alam paling indah yang cukup beruntung untuk saya lihat di negara ini.

Jika Anda ingin mengunjungi Lawn Hill Gorge, Anda harus memulai perjalanan darat ke Outback Queensland – ini jelas bukan situasi perjalanan akhir pekan.

Taman Nasional Lawn Hill adalah tentang:

  • 13 jam dari Cairns atau Alice Springs
  • 18 jam dari Darwin
  • 24 jam dari Brisbane
  • 29 jam dari Sydney
  • 31 jam dari Melbourne


(Lihat? Saya tidak bercanda ketika saya mengatakan Lawn Hill QLD sama sekali tidak ada apa-apanya!)

Anda dapat berkemah atau tinggal di kamar yang sangat sederhana di luar taman, dan Anda benar-benar membutuhkan kendaraan 4WD untuk bertahan dalam perjalanan bergelombang dari jalan raya (lebih lanjut tentang itu segera).

Saya akan merekomendasikan minimal 2 malam, lebih disukai 3 malam, di Lawn Hill Queensland – dengan cara itu Anda dapat memiliki satu atau dua hari untuk memulihkan diri dari perjalanan dan menjadikannya berharga.

Dan percayalah, Lawn Hill Gorge sangat berharga. Mari saya tunjukkan betapa luar biasa tempat ini!

Cara Menuju Taman Nasional Lawn Hill

Bukan untuk menakut-nakuti Anda, tetapi jalan menuju Lawn Hill Gorge… panjang, bergelombang, dan tidak nyaman.

Anda benar-benar membutuhkan kendaraan 4WD untuk sampai ke sana, sebaiknya kendaraan yang sangat kuat yang melakukan pekerjaan yang baik dalam meredam getaran dari semua gundukan di jalan (saya tidak tahu istilah yang tepat untuk ini… apakah ini peredam kejut? Ayah, jika Anda membaca ini, ingin memberi tahu saya? : P).

Tak perlu dikatakan, Jeep Grand Cherokee kami yang sudah pensiun bukanlah itu. Dan debu dari semua gundukan jalan memicu lampu “check engine” untuk menyala, yang hanya menambah kecemasan kami dalam perjalanan yang melelahkan ini. Sejujurnya saya hanya bersyukur mobil kami membawa kami ke sana dan kembali utuh, tapi itu jelas tidak cantik.

Jika Anda mendekati Taman Nasional Lawn Hill dari selatan, Google Maps mungkin akan memberi tahu Anda untuk mengambil Highway 76 dari Camooweal. Jalan ini tidak beraspal dan saya tidak yakin bagaimana kondisinya, jadi kami memilih untuk berkendara melalui Thorntonia Yelvertoft Rd, yang belokannya 70 km ke timur di jalan raya utama dari Camooweal. Jalan ini beraspal, meskipun sebagian besar hanya setengah beraspal, artinya jika ada mobil yang melaju, Anda berdua harus mengemudi sebagian ke tanah saat Anda melewati satu sama lain karena tidak ada ruang untuk 2 mobil di jalan beraspal.

Kedua jalan bertemu sekitar sepertiga dari jalan masuk, dan dari sini hanya ada satu jalan yang akan membawa Anda ke Lawn Hill. Tidak ada penerimaan telepon untuk sebagian besar perjalanan, jadi sulit untuk mengatakan berapa lama lagi Anda harus pergi. Menurut saya, perkiraan waktu Google Maps 3,5 jam cukup akurat bagi kami.

Berhati-hatilah: kondisi jalan semakin buruk semakin jauh Anda menuju Lawn Hill Gorge. Benjolan dan lubang pot adalah KONSTAN. Ada juga beberapa penyeberangan sungai yang dangkal, yang tidak masalah bagi kami untuk melewatinya.

Untuk mengulangi, Anda pasti membutuhkan 4WD yang kokoh untuk menangani perjalanan ke Taman Nasional Lawn Hill. Kami memang melihat beberapa karavan didirikan di perkemahan taman, jadi saya rasa mungkin untuk menderek van di jalan yang mengerikan ini – tetapi tentu saja, pastikan itu adalah karavan off-road yang dapat menangani perjalanan.

Menjelang akhir perjalanan, Anda akhirnya akan mencapai jalan beraspal dan ingin mencium tanah dengan rasa syukur (atau setidaknya kami melakukannya!).

Belok kiri ke jalan beraspal, dan Anda akan mencapai Taman Nasional Lawn Hill!

Belok kanan ke jalan beraspal, dan Anda akan menemukan Adels Grove, satu-satunya kemiripan peradaban antara Camooweal dan Lawn Hill. Di sini Anda dapat membeli bensin dan makanan, menginap, dan memeriksakan mobil Anda ke montir jika mobil Anda rusak saat masuk.

Re: bensin, kami memilih untuk bepergian dengan jerigen 20L bensin untuk mobil, yang akhirnya *cukup* untuk membawa kami kembali ke Camooweal. Saya sarankan melakukan hal yang sama kecuali jika Anda ingin membayar harga yang meningkat untuk mengisi bahan bakar di Adels Grove.

Tempat Menginap Di Lawn Hill Gorge

Ada dua pilihan akomodasi di dekat Lawn Hill Gorge:

Area Perkemahan Bukit Rumput

Ini adalah perkemahan Taman Nasional Lawn Hill, yang dibagi menjadi dua bagian: tenda saja dan trailer. Ini sangat populer dan dipesan jauh-jauh hari sebelumnya, jadi jika Anda ingin berkemah di sini, Anda harus merencanakannya terlebih dahulu! Situs belum ditetapkan, jadi Anda tinggal memilih yang Anda inginkan saat tiba.

Meskipun sudah penuh dipesan pada kedua malam kami tinggal di sana, ada beberapa situs kosong – saya pikir ini cukup umum. Karena hanya $6.85/malam per orang dan perjalanan yang sangat panjang untuk sampai ke sana, mungkin sangat mudah bagi orang-orang untuk tidak hadir dalam pemesanan mereka. Jadi Anda selalu bisa mengambil risiko, muncul tanpa pemesanan, dan berharap mendapatkan situs kosong. Jika tidak, Anda dapat menginap di Adels Grove tanpa melakukan pemesanan (lihat di bawah).

Yang juga perlu diperhatikan adalah kamar mandi di area perkemahan Lawn Hill SANGAT BAGUS! Sangat baru dan bersih, * dan * mereka memiliki pancuran! Saya sangat terkesan.

Dan jika Anda bertanya-tanya apakah ada penerimaan telepon di sini, jawabannya adalah: kadang-kadang, tetapi hanya sedikit, dan hanya melalui Telstra.

Hutan Adels

Adels Grove terletak hanya 10 menit jalan dari Lawn Hill Gorge dan merupakan alternatif yang sangat baik untuk berkemah di dalam taman.

Di Adels Grove, Anda dapat memesan kamar, atau berkemah seharga $ 50/malam (mereka tidak menerima pemesanan untuk tempat perkemahan, Anda hanya muncul dan selalu ada kamar). Semua tamu dapat menggunakan fasilitas dapur perkemahan bersama serta bar dan restoran di tempat. Dan api unggun diperbolehkan! (Tidak seperti di perkemahan taman nasional).

Adels Grove juga menawarkan wisata perahu dan penyewaan kano di Lawn Hill Gorge, tersedia untuk tamu dan non-tamu. Lebih detail di bawah ini!

Apa yang Harus Dilakukan Di Taman Nasional Lawn Hill

Lawn Hill Gorge adalah titik fokus taman nasional, jadi hampir semua yang Anda lakukan di sini akan melibatkan penjelajahan dan menikmati ngarai.

Kano/Kayak/Paddleboarding

Menurut pendapat semi-profesional saya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Taman Nasional Lawn Hill adalah mendayung melalui ngarai. Baik Anda membawa kayak atau papan dayung berdiri sendiri atau menyewa kano, mengayuh Lawn Hill Gorge adalah suatu KEHARUSAN. Tidak ada yang seperti mengambang di tengah sungai, menatap dinding batu tinggi yang mengelilingi Anda – sungguh ajaib!

Seperti disebutkan di atas, Adels Grove memiliki kano untuk disewa ($30 untuk satu perahu, $60 untuk ganda, $90 untuk tiga kali lipat – per 2 jam). Ini tersedia bahkan untuk non-tamu, jadi jika Anda tinggal di area berkemah Lawn Hill, saya sarankan untuk berhenti di Adels Grove terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat memesan di muka, kemudian menuju ke Lawn Hill untuk mendirikan kemah. Kano dapat diambil di ngarai (di area berkemah), dan saya yakin Anda cukup menunjukkan tanda terima untuk membuktikan bahwa Anda sudah memesan dan membayar sewa.

Jika Anda ingin mendayung ke Air Terjun Indarri dan kembali, 2 jam seharusnya lebih dari cukup waktu dengan kano. Namun, jika Anda ingin mendayung lebih jauh ke Upper Gorge *dan* berhenti di sepanjang jalan untuk berenang atau bersantai, 2 jam mungkin tidak cukup.

Perhatikan bahwa setelah Air Terjun Indarri, ada celah di sungai di mana Anda tidak bisa pergi lebih jauh tanpa keluar dari air. Jadi untuk terus mengayuh melewati air terjun, Anda harus berjalan dengan kano Anda di sepanjang jalan setapak selama beberapa menit dan kemudian kembali ke sungai di mana ia melanjutkan.

Tur Kapal

Jika Anda lebih suka petualangan yang kurang aktif, Adels Grove juga menjalankan tur perahu melalui Lawn Hill Gorge ($80 untuk tur 2 jam). Mereka dapat membawa 8-10 orang sekaligus dengan perahu ponton bertenaga surya mereka, yang perlahan-lahan berjalan dari peluncuran perahu (tempat kano berada) ke Air Terjun Indarri dan kembali lagi.

Sama seperti persewaan kano, Anda harus memesan tur perahu secara langsung di bagian penerima tamu Adels Grove.


Pengamatan Air Terjun Indarri, Lawn Hill QLD.

Lintas alam

Meskipun selalu sangat panas di sini dan berjalan menanjak mungkin adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan, ada baiknya mendaki dan melihat beberapa pemandangan Lawn Hill Gorge dari atas. Ada beberapa jalur jalan kaki yang dapat Anda ambil mulai dari tepat di luar area berkemah Lawn Hill (lihat peta di bawah).


Peta melalui Pemerintah Queensland.

Jika Anda hanya punya waktu untuk satu kali mendaki, saya sarankan melakukan jalur Indarri Falls dan jalur pengamatan Ngarai Atas (berwarna biru tua dan biru pada peta di atas). Jalur ini cukup mudah, hanya sedikit berjalan menanjak untuk mencapai beberapa tempat pengamatan. Anda harus dapat menyelesaikan keduanya dengan nyaman dalam beberapa jam.

Jalur Air Terjun Indarri seluruhnya berada di atas ngarai, sedangkan jalur antara Air Terjun Indarri dan ngarai Upper Gorge berjalan di sepanjang sungai (Anda akan berjalan di bawah pohon palem untuk segmen ini, sebagian besar di tempat teduh). Berhentilah sejenak untuk foto, istirahat, dan/atau camilan di Duwadarri Waterhole, Indarri Falls Lookout, dan Upper Gorge Lookout. Pandangan dari masing-masing luar biasa.


Air Terjun Indarri, Bukit Rumput QLD.

Renang

Ketika kami berkemah di Taman Nasional Lawn Hill, kami melihat orang-orang berenang di berbagai titik di sungai, tetapi mayoritas berada di air di Air Terjun Indarri. Ini jelas merupakan TEMPAT untuk mendinginkan dan bersantai di bawah air terjun. Sebagian besar kano tampaknya memarkir perahu mereka dan melompat ke air di sini.

CATATAN PENTING: Ada penafian bahwa buaya air tawar sering mengunjungi sungai ini, jadi berenanglah dengan risiko Anda sendiri! Pada saat penulisan (pertengahan Mei 2022), ada insiden terkait buaya baru-baru ini di Air Terjun Indarri dan akibatnya, berenang saat ini tidak diperbolehkan di ngarai. Pastikan untuk memeriksa situs web taman untuk pembaruan sebelum Anda mengunjungi.

Sematkan!

Bermain judi togel keluaran hk tentu saja sanggup memberi seribu kegunaan untuk sebagian bettor. Khususnya jika kita jalankan prediksi Mengenakan information hk ini hari terkomplit lebih pernah saat sebelum akan memasangkan taruhan. Dengan demikian kesempatan kemenangan bakal jadi lebar terbuka bikin anda. Maka dari itu beberapa bettor togel hongkong amat kami anjurkan untuk tetap abonemen di web site kami.